Android 9 Rilis | Ini dia 5 Fakta menarik tentang android pie


Google yang merupakan suatu perusahaan teknologi terkemuka baru baru ini merilis salah satu produk mereka yakni Android. Seri kesembilan dari OS android ini disebut Pie

Menariknya, bukan hanya nama yang berubah tetapi dari penulisan angka yang biasa digunakan juga berubah. Yang biasanya selalu ada angka 0 dibelakang titik, kali ini hanya menggunakan angka 9 saja. yah baiklah tanpa basa basi lagi inilah beberapa fakta menarik Android Pie.

1.UI Yang Lebih Berwarna


Memang perubahan visual Android Pie tidak terlalu signifikan, akan tetapi jika dibandingkan Oreo, Pie menunjukan beberapa elemen yang berbeda.


2.Digital Wellbeing


Digital Wellbeing merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengatur waktu penggunaan smartphone mereka. Dan salah satunya adalah Android Dashboard, yakni membantu pengguna untuk mengetahui berapa banyak waktu yang digunakan di sebuah aplikasi.

Selain itu juga ada Wind Down Mode, yang memberi peringatan tidur penggunanya.


3.Adanya Sistem Navigasi "Gesture"



Di android Pie kali ini, sistem navigasi di buat lebih simple dengan ditambahnya "Gesture". Setiap gerakan yang dilakukan seperti geser kanan, kiri atau atas, kini memiliki fungsinya sendiri. Kombinasi Gesture ini mungkin akan sedikit sulit diawal, namun mungkin nanti kita akan terbiasa dalam waktu singkat.


4.Daya Tahan Baterai Diatur Ai


Setiap merilis android terbaru, Google memang selalu berusaha sebaik mungkin untuk pengoptimalan daya tahan baterai. Nah kali ini Android Pie menggunakan AI sebagi solusinya.

Fitur ini dinamai Adaptive Battery. Fitur ini akan langsung memeriksa aplikasi yang jarang atau sering digunakan. Setelahnya, fitur ini akan langsung membatasi penggunaan CPU yang berlebihan untuk aplikasi yang jarang digunakan. Google mengaku bahwa fitur baru ini dapat menghemat baterai sampai 30%.


5.Sistem Pencarian Dibuat Lebih Pintar


Sistem pencarian  dari Google kini dibuat lebih pintar lagi. Sekarang di Android Pie kita tidak perlu repot-repot masuk kedalam sebuah aplikasi untuk melakukan sesuatu. karena di Android Pie ini menyediakan efektivitas dengan adanya tombol 'activity shortcut' pada beberapa aplikasi.

Tak hanya itu saja, App Drawer di Android Pie juga dibuat lebih cerdas dengan menyarankan sejumlah aplikasi atau aktifitas lain yang dinilai akan dilakukan oleh pengguna.

Itulah beberapa fakta unik tentang Android Pie yang sudah dirilis untuk beberapa smartphone. Dan selamat buat yang udah icip-icip karena saya sendiri masih stuck di naugat:'(

Share this

Related Posts

First